Home » » INDONESIA BELUM SIAP DENGAN MUSIK DIGITAL ?

INDONESIA BELUM SIAP DENGAN MUSIK DIGITAL ?

krisna | 10.46 |
Indonesia belum siap dengan musik digital, inilah pernyataan yang dikeluarkan oleh Okezonemusic pada tanggal 03 Agustus 2011. Benarkah demikian ? Indonesia belum siap dengan musik digital rasanya merupakan suatu pernyataan yang tergesa-gesa. Bukankah RBT adalah merupakan bagian dari musik digital dan praktek RBT di Indonesia dirasakan cukup berhasil serta mampu menghasilkan laba milyaran rupiah ? Terus di mana letak belum siapnya ?

Mari kita simak sejenak berita yang dilansir oleh Okezone Music berikut ini :

JAKARTA– Musik digital saat ini memang sedang menjadi tren global. Baik musisi luar maupun dalam negeri saat mulai beralih pada penjualan musik digital. Namun untuk Indonesia sendiri, masyarakatnya dinilai belum siap untuk menerima era yang baru ini.

Sejak kemunculan iTunes, penjualan CD seolah sudah tidak terlalu diminati lagi, masyarakat kini lebih memilih yang praktis dan bisa disesuaikan dengan keinginannya untuk membeli lagu mana yang disukai.

Budi ‘Drive’ pun menyatakan pendapatnya mengenai tren yang sedang berkembang didunia ini. Baginya masyarakat Indonesia belum siap dengan era baru seperti digital download ini.

“Sebenernya sih masyarakat kita belum siap ya, soalnya orang-orang disini udah terlanjur berpikir cari barang yang murah tapi bisa sesuai dengan kemauannya. Jadi udah terpatri dikepala masing-masing untuk cari barang murah. Sebisa mungkin tidak keluar duit,” ujar Budi saat berbincang dengan Okezone di Hardrock Café, Jakarta belum lama ini.

Menurut gitaris Drive ini, beberapa situs legal yang menjual lagu-lagu resmi dari para musisi belum berjalan dengan efektif, pasalnya banyak tata cara pembelian yang dianggap masih rumit.

“Sampe sekarang juga beberapa situs yang legal justru masih belum terlalu jalan karena untuk ngurus bisa didownload disitu dan segala macam, orang belum terlalu ngeh. Jadi belum terlalu efektif,” tambahnya. (uky)
http://music.okezone.com/read/2011/08/03/386/487479/indonesia-belum-siap-dengan-musik-digital

Dari uraian di atas yang membuat belum siap justru pada proses download dalam rangka distribusi musik digital itu sendiri, jadi bukan masyarakat Indonesia secara keseluruhan yang belum siap. Proses distribusinya yang masih terlalu "njlimet" dan cenderung tidak praktis. Jadi sebenarnya yang tidak siap adalah jajaran distribusi atau pemasaran (hasil) musik digital itu sendiri. Jadi sekali lagi perlu dipertegas, bukan masyarakat Indonesia secara keseluruhan yang belum siap. Tapi jelas hanya beberapa orang atau bahkan institusi saja yang belum siap. Sepertinya mereka-mereka tidak siap dengan kemudahan jalur distribusi melainkan lebih cenderung untuk mempersulit proses distribusinya. Dengan demikian justru jajaran atau divisi marketing (distibusi) saja yang belum siap dengan kemudahan-kemudahan yang seharusnya mampu dilaksanakannya.

Selanjutnya, bila kita simak dalam sebuah proses produksi musik di Indonesia, musik digital ini justru banyak membantu serta lebih sering dimanfaatkan karena proses pembuatannya yang mudah, tidak butuh waktu lama serta dapat dilaksanakan secara ekonomis. Pelaksanaan ekonomis mana mulai dari proses recording, tracking, mixing sampai dengan mastering dapat saja dikerjakan oleh hanya 1 (satu) orang saja. Dalam kaitan ini pun saya sering melaksanakannya.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dalam hal ini adalah : tidak semua masyarakat Indonesia belum siap dengan musik digital, namun hanya jalur distribusinya saja yang terkesan berbelit-belit dan cenderung tidak praktis. Hal ini tentu saja menghambat jalur pemasaran atau distribusi hasil-hasil musik digital.

Anda sedang membaca artikel tentang INDONESIA BELUM SIAP DENGAN MUSIK DIGITAL ? dan anda bisa menemukan artikel INDONESIA BELUM SIAP DENGAN MUSIK DIGITAL ? ini dengan url http://majablog888.blogspot.com/2012/04/indonesia-belum-siap-dengan-musik.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel INDONESIA BELUM SIAP DENGAN MUSIK DIGITAL ? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link INDONESIA BELUM SIAP DENGAN MUSIK DIGITAL ? sumbernya.

Get free daily email updates!

Follow us!


0 komentar:

Posting Komentar

Kami persilahkan anda untuk menuliskan komentar, mohon tetap menjaga etika dan kesusilaan serta jangan melakukan spam. Dan bila kami merasakan komentar anda sebagai spam, maka akan kami hapus.