Home » » MUSIK DIGITAL DAN PERMASALAHANNYA

MUSIK DIGITAL DAN PERMASALAHANNYA

KRISNA CANDRA Kurniawan | 01.49 |
Di era serba Digital saat ini Musik Digital menjadi suatu pilihan yang bijaksana, karena Musik Digital ternyata mampu menyediakan fasilitas-fasilitas utama yang serba memudahkan, efisien serta praktis dan ekonomis. Dalam proses pembuatan Musik Digital ini, mulai dari proses tracking (recording), mixing, mastering bahkan sampai kepada jalur distribusinya, dapat saja dikerjakan hanya oleh satu orang dan tidak lebih. Tentu saja orang (personil) tersebut harus menguasai proses-proses recording, mixing, mastering serta konsep-konsep marketing.

Musik Digital pada dasarnya adalah berupa harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman dari alat-alat musik analog (konvensional) atau alat-alat musik digital (yang dibuat dengan bantuan komputer) yang disimpan dan diproses dengan media berbasis tehnologi komputer. Format digital ini dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas. Musik Digital ini sendiri mengalami perkembangan dari masa ke masa yang dimulai dengan piringan hitam sampai kepada CD ataupun MP3 file. Saat ini Musik Digital itu sendiri telah berkembang sedemikian rupa sampai kepada hanya berupa suatu file (musik) yang dapat diperdengarkan dalam format MIDI ataupun menggunakan IPod.

Sebagai suatu inovasi baru di bidang musik, dengan format MP3, OOG, atau WAV,  Musik Digital mulai mengeluarkan gaungnya. Banyaknya pemutar Musik Digital yang mendukung format ini membuat era baru Musik Digital. Misalnya kalau sebelumnya, musik di-ripped- istilah untuk ekstraksi audio digital – dan terperangkap di PC dan Mac dengan aplikasi semacam iTunes. Kini dengan hadirnya iPod sebagai peranti musik portable canggih yang pernah diciptakan, terjadi perpaduan kenyamanan web dengan portabilitas dan fungsi sebagai sebuah platform yang benar-benar universal. 

Hal lain yang mendukung transformasi media sang Musik Digital adalah tindakan label-label besar yang meninggalkan sistem proteksi Musik Digital atau digital right management (DRM). Sampai tahun 2007 lalu, label-label besar masih tidak yakin penghapusan DRM akan mendongkrak penjualan album karena tanpa hal tersebut Musik Digital dengan bebas didisribusikan di antara konsumen yang berarti tak ada pemasukan untuk label.

Ada beberapa situs di dunia maya yang menyediakan lagu untuk dapat diunduh secara langsung (gratis) atau berbayar. Lagu yang ditawarkan berformat digital, misalnya situs www.napster.com yang cukup digandrungi kala itu namun harus berakhir karena dianggap melanggar hak cipta. Ada pula Insound, Rhapsody, dan Apple iTunes Music Store, Lala.com, mdu04522.com dan lain sebagainya. Selain itu di Indonesia kini ada pula Toko Musik Digital secara online misalnya equionxdmd dan Import hingga Digital Beat Store.
 
Pertanyaan yang sekarang muncul serta ramai dibicarakan adalah, bagaimana konsep distribusi Musik Digital itu sendiri ? Carut marut distribusi atau peredaran Musik Digital  Indonesia ini sendiri semakin memuncak ditandai dengan penutupan 20 situs unduh musik gratis (illegal), yaitu gudanglagu.com ; gudang lagu.net ; mp3s gratis.net ; mp3lagu.com ; warungmp3.com ; pandumusica.info ; musik-corner.com ; mp3bos.com ; mp34shared.com ; musik-flazher.com ; index-of-mp3.com ; misshacker.com ; trendmusik.com ; abmp3.com ; katalogmp3.info ; mp3bear.com ; mp3downloadlagu.com ; freedownloadmp3.org ; dewamp3.com dan plasamusic.com. 

Muncullah berbagai tanggapan tentang penutupan situs-situs unduh gratis tersebut di atas, diantaranya berasal dari CHORD DIGITAL blog yang menuturkan demikian :

" Satu hal lagi yang patut menjadi perhatian utama kita adalah, proses penjualan Musik Digital lewat situs-situs download berbayar masih terasa sulit dan berbelit-belit, jadi pada dasarnya tidak praktis sama sekali. Hal ini diperparah lagi dengan kualitas musik/lagu nya. Tidak perlu ditutup-tutupi, bagaimana sih kualitas musik Indonesia saat ini ? Saya katakan sekali lagi, kualitasnya jauh dari sempurna dan sangat memunculkan image asal bisa dijual atau laku di pasaran. Kualitas musikalitas para musisi-musisi muda Indonesia sekarang ini masih tidak terlalu bagus, dan terkesan asal-asalan dalam mencipta sekaligus mempopulerkan sebuah lagu ciptaannya. Yang penting bagi mereka adalah, laku dijual dan bisa meraup rupiah. Mereka sama sekali tidak memperhatikan para konsumennya. Sepertinya konsumen musik Indonesia hanya disuguhi oleh "lagu-lagu bodoh" yang dimodali dengan tubuh sexy, wajah cantik/rupawan serta kemampuan meliuk-liukkan tubuh di atas panggung ".

Memang tidak dapat dipungkiri bahwasanya mayoritas lagu-lagu pop yang beredar saat ini masih jauh dari kesempurnaan konsepsi bermusik itu sendiri. Banyak pendatang baru yang hanya melakukan langkah-langkah atau tindakan MEMBEO atau hanya mencontoh konsep-konsep musik yang sedang populer tanpa mau untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yang memang berasal dari Indonesia semacam musik keroncong. Sepertinya musisi serta artis-artis pendatang baru sekarang ini hanya mengejar uang dan popularitas tanpa mau memperhatikan sisi kualitas bermusik.

Kembali kepada permasalahan Musik Digital itu sendiri, terlepas dari berbagai kelemahan-kelemahannya (utamanya dari segi distribusinya), Musik Digital itu sendiri masih menyediakan berbagai macam keunggulan dan kelebihan bilamana dibandingkan dengan proses pembuatan musik secara analog.
Musik dalam format Digital ini memiliki beberapa keunggulan dibanding musik dalam medium konvensional, yaitu :
  • format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan
  • kualitas copy yang serupa dengan master memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu
  • proses penjualan dengan pendekatan single atau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD

Anda sedang membaca artikel tentang MUSIK DIGITAL DAN PERMASALAHANNYA dan anda bisa menemukan artikel MUSIK DIGITAL DAN PERMASALAHANNYA ini dengan url http://majablog888.blogspot.com/2012/03/musik-digital-dan-permasalahannya.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel MUSIK DIGITAL DAN PERMASALAHANNYA ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link MUSIK DIGITAL DAN PERMASALAHANNYA sumbernya.

Get free daily email updates!

Follow us!


0 komentar:

Posting Komentar

Kami persilahkan anda untuk menuliskan komentar, mohon tetap menjaga etika dan kesusilaan serta jangan melakukan spam. Dan bila kami merasakan komentar anda sebagai spam, maka akan kami hapus.