Home » » MENINGKATKAN SERTA MEMPERTAHANKAN TRAFFIC BLOG

MENINGKATKAN SERTA MEMPERTAHANKAN TRAFFIC BLOG

krisna | 09.31 |
Majablog888Meningkatkan serta mempertahankan traffic blog yang kita miliki adalah merupakan hal utama bagi seorang pemilik blog yang mendapatkan rupiah dari kemampuan blogging-nya. Penghasilan mana dapat berupa hasil pemasangan iklan dan ataupun jual-beli domain/blog/backlink. Meningkatkan traffic blog pada dasarnya berkaitan erat dengan apa yang banyak dikenal dengan SEO (search engine optimization), utamanya yang berupa SEO off-page karena lebih banyak bergantung kepada responden/visitor, dan bukan saja upaya optimasi blog (SEO on-page).

Pada kenyataannya permasalahan traffic blog ini jauh lebih kompleks bila dibandingkan dengan masalah pageview blog, walaupun dalam beberapa hal, upaya peningkatan keduanya memiliki cara-cara yang hampir sama. Informasi tentang traffic blog berguna sebagai bahan analisis blog/website secara utuh untuk memperoleh informasi tentang berbagai hal, mulai dari tingkat pengunjung (visitor), pageview sampai kepada trend yang sedang in. Jadi dapat pula dikatakan bahwa traffic blog adalah merupakan tujuan utama dari berbagai usaha yang dilakukan oleh para webmaster ataupun blogger, disamping posisi SERP yang baik tidak juga dapat dilepaskan. Tetapi perlu juga dipahami bahwa tingginya traffic blok tidak lantas menggambarkan tingginya kualitas blog itu sendiri. Tingginya traffic blog ditandai dengan mengurusnya Alexa-rank, sedangkan tingginya kualitas blog ditandai dengan tingginya Goggle page-rank, dua hal yang saling bertolak belakang. Bisa jadi sebuah blog memiliki page-rank yang tinggi, sementara traffic blognya rendah.

Langkah awal yang harus kita upayakan adalah berusaha sedapat mungkin agar semua posting blog yang kita miliki dapat terindeks oleh search engine semacam Google, Yahoo ataupun Bing. Hal ini penting karena jikalau posting blog kita tidak terindeks oleh search engine, maka segala langkah-langkah berikut ini pastilah mubazir atau tidak akan membawa manfaat.

Setelah posting blog kita terindeks oleh search engine, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan serta mempertahankan traffic blog yang kita miliki, yaitu :

Pertama, perlu dipahami bahwa visitor/pengunjung blog adalah raja, dan oleh karenanya kita wajib menyediakan hidangan berupa artikel-artikel atau postingan-postingan yang berbobot, jangan menipu, jangan menyesatkan dan jangan membingungkan, karena harus kita sadari bahwa visitor datang ke blog kita pada dasarnya adalah untuk mencari solusi terhadap masalah atau kesulitan yang dihadapi, bahkan bisa jadi dia sedang mencari informasi yang valid dan uptodate mengenai sesuatu hal yang mana diharapkan dapat diperolehnya dari blog kita. Hal ini berkaitan erat dengan meningkatnya pageview blog.

Kedua, pastikan bahwa konten atau isi blog kita hendaknya berupa artikel-artikel atau solusi-solusi yang original, unik, updated dan up to date. Artinya, sedapat mungkin hindarilah konten-konten yang bersifat copy-paste (kalau toh terpaksa, maka perkecil prosentasenya) karena hal ini hanya akan menurunkan kredibilitas blog serta pemiliknya. Updated berarti blog yang kita miliki akan senantiasa menyediakan hal-hal yang baru. Up to date artinya paling gampang adalah tidak ketinggalan jaman, atau sesuai dengan kondisi serta keadaan masa sekarang.

Ketiga, pelajarilah topik-topik yang disenangi oleh para visitor kita serta rajin-rajinlah blogwalking yang berfaedah untuk menyebar link serta dapat juga dipergunakan untuk menggali hal-hal baru. Perhatikan saat berkomentar di blog-blog milik orang lain, upayakan jangan sekedar meninggalkan link-blog anda atau meminta kunjungan balik. Prosentase keberhasilannya kecil, upayakan berkomentar sesuai dengan topik artikel yang akan anda komentari, sehingga hal ini akan menimbulkan respon yang baik dari pemilik blog serta membuatnya ingin tahu siapa yang berkomentar ini dan bagaimana keadaan blog yang dimilikinya.

Keempat, maksimalkan fungsi social media sebagai sarana promosi blog atau artikel yang ada dalam blog anda. Submit artikel-artikel unggulan anda ke banyak situs social media yang ada semacam facebook, Google {plus}, lintas berita, detik.com dan lain-lain. Jangan lupa menggunakan social media share tools pada blog yang anda miliki semacam facebook-like, Google plus 1, twitter button dan lain-lain, berikutnya upayakan letaknya persis berada di bagian bawah masing-masing postingan blog karena hal ini akan lebih memudahkan pengunjung/visitor untuk menemukannya.

Kelima, upayakan untuk membuat branding-blog anda menjadi berkualitas karena hal ini akan memberikan kesan pertama yang baik terhadap visitor/pengunjung blog anda. Branding blok dapat dibentuk melalui pola struktur halaman blog yang baik (jangan terlalu banyak iklan yang berkedip), bilamana memungkinkan buatlah logo untuk blog anda, logo yang mudah dikenal serta diingat oleh para visitor. Hal-hal semacam ini positip membangkitkan keinginan visitor untuk kembali mengunjungi blog kita. Atau bilamana beruntung, visitor akan menuliskan sesuatu (di dalam blognya) tentang blog kita serta menyisipkan backlink ke blog kita di dalam tulisannya. 

Pesan penutup : Meski bagaimanapun kondisinya, ujung tombak traffic blog kita adalah terletak pada posisi SERP, artinya bilamana blog kita berhasil masuk ke dalam jajaran 10 besar SERP (halaman pertama hasil pencarian search engine) maka hal ini akan berdampak kepada jumlah pengunjung atau visitor yang datang ke blog kita, demikian sebaliknya. Oleh karenanya janganlah kita berhenti untuk terus belajat tentang SEO blog.

Akhir kata sekali lagi saya tekankan, pertama-tama berusahalah agar posting blog kita dapat terindeks oleh search engine. Sekian.


Anda sedang membaca artikel tentang MENINGKATKAN SERTA MEMPERTAHANKAN TRAFFIC BLOG dan anda bisa menemukan artikel MENINGKATKAN SERTA MEMPERTAHANKAN TRAFFIC BLOG ini dengan url http://majablog888.blogspot.com/2012/03/meningkatkan-serta-mempertahankan.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel MENINGKATKAN SERTA MEMPERTAHANKAN TRAFFIC BLOG ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link MENINGKATKAN SERTA MEMPERTAHANKAN TRAFFIC BLOG sumbernya.

Get free daily email updates!

Follow us!


11 komentar:

  1. Meningkatkan traffic blog itu hukumnya wajib gan ...... kalau mempertahankan traffic ini yang agak sulit, perlu perjuangan khusus nampaknya .....

    BalasHapus
  2. Matur suwun atas apresiasinya, salam

    BalasHapus
  3. Yah ... siapa sih yang nggak ingin traffic blognya meningkat ... klo bisa dibuatkan cara-cara prakteknya gan. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Meningkatkan traffic blog ini gampang-gampang susah .... banyak hal yang mesti dilakukan, tidak hanya sekedar blogwalking

    BalasHapus
  5. Meraih memang lebih gampang dari pada mempertahankannya ......

    BalasHapus
  6. Meningkatkan traffic blog ..., suatu upaya yang gampang-gampang susah ...

    BalasHapus
  7. Traffic blog memang selalu dikejar dan diupayakan demi kemajuan sebuah blog, salam ............

    BalasHapus
  8. sangat membantu gan...http://trophi-onix-001.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Bermanfaat baget nih info nya gan..
    MANTAFF

    BalasHapus

Kami persilahkan anda untuk menuliskan komentar, mohon tetap menjaga etika dan kesusilaan serta jangan melakukan spam. Dan bila kami merasakan komentar anda sebagai spam, maka akan kami hapus.