Home » » Maja Blog, review Google MobileGeddon

Maja Blog, review Google MobileGeddon

KRISNA CANDRA Kurniawan | 13.15 |
Info Blog (67) ini dituliskan oleh Maja Blog sebagai upaya untuk me-review berlakunya algoritma Google MobileGeddon sebagai sebuah algoritma baru yang dipergunakan oleh Google sejak satu bulan yang lalu, atau tepatnya sejak tanggal 21 April 2015. Algoritma ini menekankan kepada pemakaian RWD (responsive web design) atau yang umum disebut dengan Responsive Template untuk menentukan pemeringkatan dari daftar hasil pencarian Google search engine berdasarkan sebuah kata kunci (keyword) tertentu.

Dengan berlakunya algoritma MobileGeddon tersebut, nampak sekali upaya pihak Google untuk mengakomodir faktor "user friendly" di dalam penentuan ranking sebuah web atau blog. Faktor "user friendly" ini nampak diperjelas dengan pemakaian template yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan ukuran layar user yang mengakses web atau blog tersebut. Artinya, dengan desain template yang demikian tersebut, maka sebuah web atau blog harus dapat dengan mudah (tampil bagus) diakses lewat perangkat-perangkat mobile semacam smartphone dan lain-lain.

Maja Blog 888, mobilegeddon banner

Berikut ini pernyataan pihak Google yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia  :
Mulai tanggal 21 April, kami akan memperluas penggunaan mobile friendly sebagai sebuah sinyal ranking. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki pengaruh signifikan di hasil-hasil pencarian kami.
Kata kunci dari pernyataan tersebut adalah sinyal ranking dan akan memiliki pengaruh signifikan di hasil-hasil pencarian kami. Kalau boleh saya presentasikan, maka kemampuan atau kemudahan sebuah situs/web atau blog untuk diakses dengan mempergunakan perangkat mobile akan mempengaruhi peringkat situs/web atau blog tersebut pada hasil pencarian, terutama Google search engine sebagai satu-satunya raksasa mesin telusur yang ada saat ini. Artinya responsivitas template web atau blog menjadi tolok ukur yang utama, disamping tolok ukur yang lain (yang telah dipergunakan Google selama ini, semacam Panda, Penguin, T-Rex dan Dinosaurus).

Dengan berlakunya algoritma MobileGeddon tersebut, setidaknya terdapat tiga hal yang perlu kita sikapi demi untuk perkembangan dan eksistensi sebuah web atau blog.

1. Kualitas Konten atau Isi.
Dengan berlakunya algoritma ini berarti konten atau isi sebuah web atau blog harus benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang, dan dalam hal ini otomatis pemakaian atau pemasangan iklan yang menutup halaman web atau blog harus benar-benar dikesampingkan atau sebaiknya dihindari. Konten atau isi menjadi urutan pertama untuk diperhatikan karena dapat kita bayangkan bilamana web atau blog yang kita miliki diakses atau dibuka lewat perangkat mobile, maka seharusnya yang muncul paling utama adalah halaman postingan atau konten blog dan bukan halaman iklan-iklan yang kita pasang.

Tidak bisa kita bayangkan bagaimana hasilnya bilamana saat web atau blog dibuka dengan perangkat mobile namun yang muncul adalah berbagai macam iklan yang sudah barang tentu bukan tujuan utama para user saat mengakses sebuah web atau blog. Karena yang dicari oleh mereka adalah serangkaian informasi berkualitas yang setidaknya dapat dipergunakan untuk mengatasi masalah-masalah para user. Dan tentu saja masalah tersebut tidak akan terselesaikan dengan sebuah atau berbagai macam iklan.

2. Pemakaian Responsive Template.
Meskipun Responsive Template ini tidak terlalu berarti dalam mendongkrak eksistensi sebuah web atau blog, namun keberadaannya sangat membantu sebuah web atau blog untuk menyesuaikan diri (tampilan) dengan berbagai macam ukuran layar yang dipergunakan oleh user (termasuk akses melalui perangkat mobile atau smartphone). Artinya sebuah web atau blog harus tetap dapat tampil utuh (tidak acak-acakan) menakala diakses dengan perangkat mobile yang nota bene memiliki ukuran layar yang kecil atau sekitar 320px bahkan mungkin hanya sekitar 240px.

Dalam kaitan dengan pemakaian Responsive Template ini, terdapat berbagai macam kriteria responsivitas sebuah template blog, dan hal ini akan penulis bahas dalam artikel-artikel mendatang.

3. Kecepatan Loading Blog.
Dengan kemampuannya menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar, maka kecepatan loading menjadi faktor pembantu yang utama dan wajib diperhatikan. Sebuah web atau blog yang memiliki waktu loading terlalu lama, pasti akan ditinggalkan oleh para user atau pengunjung, dan mereka akan lebih memilih untuk mengakses sebuah web atau blog yang ringan atau cepat saat diakses. Hal ini jelas sudah merupakan hukum sebab akibat.

Banyak cara yang dipergunakan untuk mengatasi masalah kecepatan loading sebuah web atau blog ini, dan pada kesempatan mendatang akan penulis bahas secara mendetil satu per satu.

Demikianlah review Google MobileGeddon yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel tentang Maja Blog, review Google MobileGeddon dan anda bisa menemukan artikel Maja Blog, review Google MobileGeddon ini dengan url http://majablog888.blogspot.com/2015/05/maja-blog-review-google-mobilegeddon.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Maja Blog, review Google MobileGeddon ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Maja Blog, review Google MobileGeddon sumbernya.

Get free daily email updates!

Follow us!


0 komentar:

Posting Komentar

Kami persilahkan anda untuk menuliskan komentar, mohon tetap menjaga etika dan kesusilaan serta jangan melakukan spam. Dan bila kami merasakan komentar anda sebagai spam, maka akan kami hapus.